[Tutup]

Selasa, 17 Maret 2015

Manfaat Pemeriksaan Antenatal Care untuk Ibu Hamil

Manfaat Pemeriksaan Antenatal Care untuk Ibu Hamil

Antenatal care (ANC) adalah metode pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan atau dokter kandungan, dengan tujuan agar bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil sehingga dapat melalui kehamilan secara lebih sehat dan pastinya aman.

Dalam pemeriksaan Antenatal Care juga bertujuan untuk mengetahui seberapa penting kesehatan pada ibu hamil, untuk mendeteksi penyakit, komplikasi kehamilan, pertumbuhan janin yang berdasarkan usia kehamilan dan atau risiko yang berhubungan dengan kehamilan.



Dengan dilakukan metode antenatal care ini diharapkan juga dapat membantu menghadapi persalinan yang normal , pasca persalinan, pemberian ASI dan kesehatan reproduksi wanita setelah persalinan. Adapun metode Antenatal care ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan janin secara terjadwal serta teratur kepada bidan atau dokter kandungan, sehingga apabila ada perkembangan abnormal segera diketahui dan diatasi sejak dini.




sangat dianjurkan Ibu hamil setidaknya harus melakukan pemeriksaan dengan metode antenatal care sebanyak 4 kali dengan waktu dan tujuan sebagai berikut:


  • Pada pemeriksaan pertama ini dilakukan pada usia kehamilan 14 minggu, yang dimaksud untuk mengetahui resiko kehamilan di trimester pertama untuk mencegah anemia pada ibu hamil.
  • Pada pemeriksaan kedua pada usia kehamilan 14-28 minggu, metode ini dilakukan untuk memberikan tingkat kewaspadaan terhadap ibu hamil untuk beberapa penyakit kehamilan serperti; gejala preeklamsia atau tekanan darah atau pembengkakan.
  • Pada pemeriksaan Antenatal care ketiga dan keempat ini dilakukan ketika pada usia kehamilan trimester ketiga atau menjelang persalinan ( melahirkan ). Pada pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan posisi janin sekaligus kondisi mental bagi ibu hamil untuk memperlancar persalinan.


Adapun pemeriksaan metode antenatal care ini meliputi beberapa langkah sebagai berikut:


  • Bisa Mengontrol Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil sehingga kondisi ideal sesuai usia kehamilan, sehingga bisa terhindar dari kenaikan berat badan berlebihan atau kurang yang akan menyebabkan gangguan kesehatan Ibu hamil dan janin di dalam kandungan.
  • Mengukur Tekanan Darah, sehingga terindar dari preeklamsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil) yang akan membahayakan kesehatan ibu dan janin
  • Mengukur Tinggi Fundus Uteri yang setiap minggunya akan mengalami perkembangan atau bertambahnya ukuran.
  • Pemberian Imunisasi pada ibu hamil yang tertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga terhindar dari gangguan virus dan bakteri yang dapat menyerang ibu hamil dan menganggu pertumbuhan janin.
  • Mencegah Anemia yang membahayakan kesehatan ibu hamil dengan pemberian tablet zat besi.
  • Test Penyakit Menular seperti HIV/AIDS, penyakit sipilis, Gonorrhoe atau Infeksi TORCH yang dapat membahayakan janin didalam kandungan.


Pemeriksaan Antenatal Care yang dianjurkan selama kehamilan adalah 4 kali. Namun hal ini akan lebih baik apabila dilakukan lebih sering, yaitu 1 bulan sekali dan lebih sering lagi saat menjelang persalinan, yaitu 1-2 minggu sekali dan akan lebih baik apabila setiap pemeriksaan anda melakukan USG sehingga pertumbuhan janin dan posisi janin diketahui secara pasti.

Kesimpulan dari pembahasan diatas bisa kita rangkum sbb:


  • Metode Antenatal care (ANC) ini adalah pemeriksaan ibu hamil oleh bidan atau dokter,
  • Pemeriksaan Antenatal care ini bertujuan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janin sekaligus mencegah kondisi bahaya pada kehamilan,
  • Sangat dianjurkan pemeriksaan pada Ibu Hamil minimal dilakukan 4 kali pada trimester pertama, kedua, ketiga dan menjelang persalinan.


Itulah pembahasan tentang Manfaat Pemeriksaan Antenatal Care untuk Ibu Hamil diharapkan dengan adanya postingan artikel ini para ibu hamil bisa melalui kehamilan dengan sehat dan menyenangkan, sehingga bisa melahirkan dengan normal...,



4 komentar:

Silakan tinggalkan komentar dengan bijak dan sopan. Gunakan Name & Url JANGAN berkomentar dengan menggunakan link aktif, Maaf akan saya hapus.
kami juga akan berkunjung balik ke blog sobat