[Tutup]

Kamis, 19 Maret 2015

Cara Menjaga Kesehatan Usus

Cara Menjaga Kesehatan Usus 

Usus kita yang setiap hari dilewati oleh makanan bisa berpotensi menyebabkan penyakit. Terutama jika makanan yang kita konsumsi mengandung minyak, lemak, serta zat pengawet lainnya yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker pada usus.
Dengan menjaga kesehatan usus setiap harinya ternyata bisa meningkatkan kesehatan pada seluruh tubuh, Mengapa bisa demikian ? Karena usus memiliki peranan penting bagi tubuh untuk proses pencernaan makanan secara optimal terjadi pada usus, yang kemudian zat-zat makanan tersebut yang kita makan akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah. 
Berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat kesehatan usus besar dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit pada usus.

Makan lebih banyak serat

Makanan yang kaya akan serat seperti gandum dan lainnya bisa mencegah kanker usus besar. Karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tak larut. Serat akan membantu gerakan usus dan membuat pengeluaran sisa pencernaan menjadi lebih lancar. Jika gerakan usus teratur dan Anda bisa buang air besar dengan lancar, itu artinya usus besar Anda mengirimkan sinyal yang baik.


Kurangi gula

Gula bisa meningkatkan produksi asam di lambung serta mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Di samping itu juga, gula juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula .

Konsumsi lebih banyak bakteri baik (probiotik)
Cobalah untuk Mengonsumsi lebih banyak makanan probiotik, ide yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan usus. karena, organisme dalam kandungannya akan menjadi antibiotik yang baik untuk kekebalan tubuh, penyerapan nutrisi, dan pencernaan tubuh seseorang. Sementara itu untuk mendapat khasiat ini, Anda bisa mengonsumsi makanan padat seperti yogurt, sauerkraut, dan kefir.


Minum air lebih banyak

Air dan minuman lain yang tak mengandung kafein akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh Anda sekaligus bisa membantu proses pencernaan. Selain minum air putih , Anda juga bisa mendapatkan cairan melalui buah-buahan dan sayuran. Dengan memenuhi cairan tubuh, Anda juga menjaga kesehatan usus.


Kurangi stres

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Gut, dikatakan bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan pada usus.


Rajin berolahraga 

Hasil Penelitian telah menunjukan bahwa adanya hubungan antara olahraga teratur dan peningkatan kesehatan usus. Tak hanya sebatas itu, penelitian lain juga mengatakan bahwa berolahraga bisa meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Itulah beberapa 
cara alami untuk menjaga kesehatan usus Anda, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda para sobat blogger....


>>>Fiforlif Fiber Super Fiber BERNUTRISI + Goji Berry Untuk DETOX & Atasi Masalah Pencernaan 

Selamat Mencoba.

fiforlif fiber

13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. selamat malam admin ijin berkunjung

    BalasHapus
  3. selamat pagi admin.mau tanya bagaimana cara terbaik untuk mengurangi stres.terima kasih sukses selalu

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat info nya. izin share. makasih

    BalasHapus
  5. senang sekali berkunjung ke blog ini banyak artikel yang sangat bermanfaat lanjutkan terus karya karya yang lain nya gan

    BalasHapus
  6. makasih gan infonya nice banget di tunggu postingan selanjutnya ya

    BalasHapus
  7. terimakasih atas informsinya bermanfaat banget buat yang baca

    BalasHapus
  8. terimakasih atas informasinya , bagus banget di tunggu artikelnya yang selanjutnya

    BalasHapus
  9. terimakasih atas informasinya , di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  10. terimakasih atas informasinya , di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  11. terimakasih atas informasinya , di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar dengan bijak dan sopan. Gunakan Name & Url JANGAN berkomentar dengan menggunakan link aktif, Maaf akan saya hapus.
kami juga akan berkunjung balik ke blog sobat