[Tutup]

Rabu, 18 Maret 2015

Waspada Gusi Berdarah pada Ibu Hamil

Waspada Gusi Berdarah pada Ibu Hamil

Gusi berdarah pada ibu hamil ini bisa disebabkan karena adanya peningkatan hormon progesteron yang terjadi selama masa kehamilan. Hal ini sering terjadi bahkan sekitar 47 % ibu hamil mengalami gangguan gusi.

Pada peningkatan hormon progesteron pada Ibu Hamil ini akan memicu bakteri penyebab radang pada gusi dan jaringan gusi lebih sensitif terhadap plak.


Pada perubahan hormonal Ibu Hamil ini juga mempengaruhi sirkulasi darah pada gusi, sehingga pada saat mengalami radang, gusi akan mengeluarkan darah secara lebih mudah. Pendarahan pada gusi bahkan bisa tiba-tiba keluar dari gusi, atau di saat menggosok gigi.

Adapun gejala pada radang gusi ini adalah gusi akan tampak merah dan bengkak, gusi berdarah dan terbentuknya karang gigi yang berlebihan. Sedangkan gejala periodontitis ini ditandai dengan kematangan plak, tulang terinfeksi, karang gigi, bengkak, rasa nyeri gusi, dan gusi mulai terangkat ke atas. Dan apabila gejala ini tidak segera diatasi, maka akan mengakibatkan periodontitis lanjutan, seperti timbul infeksi parah, gigi goyang, tulang penyangga rusak, bahkan nyeri pada gusi.

Apabila gangguan gusi pada ibu hamil ini tidak segera ditangani, maka penyakitnya akan semakin bertambah parah bahkan bisa  mempengaruhi kondisi janin di dalam kandunganya. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah penelitian, dimana permasalahan gusi dan tulang penyangga bisa memicu persalinan prematur, berat badan bayi rendah, bahkan bisa terjadi keracunan saat kehamilan.

Penelitian yang dimuat dalam The Journal of American Dental Association menyebutkan bahwa ibu hamil yang mempunyai penyakit gusi kronis, maka empat hingga tujuh kali lebih mungkin mengalami persalinan prematur (kurang dari 37 minggu) dan bayi lahir dengan berat badan lebih rendah (kurang dari 2,5 kg) dibandingkan dengan ibu yang mempunyai kondisi gusi yang sehat.

Wanita yang sedang melakukan program kehamilan atau sedang hamil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan gigi dan gusi ke dokter gigi. Kesehatan gusi juga harus dijaga dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan menjalani pola hidup sehat.


Kesimpulan dari pembahasan diatas:


Pada peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil ini bisa memicu terjadinya gusi bengkak dan berdarah,
Gusi Berdarah pada Ibu Hamil bisa memicu kelahiran prematur dan berat badan bayi yang dilahirkan rendah,
Mengatasi Gusi Berdarah pada Ibu Hamil dilakukan dengan pemeriksaan ke dokter gigi sebelum hamil dan selama kehamilan,

Demikianlah postingan saya tentang bahaya Gusi Berdarah pada Ibu Hamil, semoga bermanfaat.....


>>>Simak juga tips bagai mana cara mengembalikan selaput dara perawan tanpa operasi

6 komentar:

Silakan tinggalkan komentar dengan bijak dan sopan. Gunakan Name & Url JANGAN berkomentar dengan menggunakan link aktif, Maaf akan saya hapus.
kami juga akan berkunjung balik ke blog sobat